SURAT AL-BAYYINAH

by - January 24, 2018

SURAT AL-BAYYINAH

Related image






بِسْمِ اللَّهالرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم

لَمْ يَكُنِ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ وَٱلْمُشْرِكِينَ مُنفَكِّينَ حَتَّىٰ تَأْتِيَهُمُ ٱلْبَيِّنَة
Orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (mengatakan bahwa mereka) tidak akan meninggalkan (agamanya) sebelum datang kepada mereka bukti yang nyata,
(QS: Al-Bayyinah Ayat: 1)


رَسُولٌ مِّنَ ٱللَّهِ يَتْلُوا۟ صُحُفًا مُّطَهَّرَةً
(yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang disucikan (Al Quran),
(QS: Al-Bayyinah Ayat: 2)]
فِيهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ
di dalamnya terdapat (isi) Kitab-kitab yang lurus.
(QS: Al-Bayyinah Ayat: 3)

وَمَا تَفَرَّقَ ٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ إِلَّا مِنۢ بَعْدِ مَا جَآءَتْهُمُ ٱلْبَيِّنَةُ

Dan tidaklah berpecah belah orang-orang yang didatangkan Al Kitab (kepada mereka) melainkan sesudah datang kepada mereka bukti yang nyata.
(QS: Al-Bayyinah Ayat: 4)

وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ ٱلْقَيِّمَةِ

Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.
(QS: Al-Bayyinah Ayat: 5)

إِنَّ ٱلَّذِينَ كَفَرُوا۟ مِنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ وَٱلْمُشْرِكِينَ فِى نَارِ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَآ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمْ شَرُّ ٱلْبَرِيَّةِ

Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.
(QS: Al-Bayyinah Ayat: 6)


إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمْ خَيْرُ ٱلْبَرِيَّةِ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.
(QS: Al-Bayyinah Ayat: 7)

جَزَآؤُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ جَنَّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِى مِن تَحْتِهَا ٱلْأَنْهَٰرُ خَٰلِدِينَ فِيهَآ أَبَدًا ۖ رَّضِىَ ٱللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا۟ عَنْهُ ۚ ذَٰلِكَ لِمَنْ خَشِىَ رَبَّهُۥ

Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ´Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.
(QS: Al-Bayyinah Ayat: 8)

1. Manfaat besar bila dapat  mengajarkannya
Salah satu keutamaannya bahwa surat ini memiliki manfaat yang besar jikalau mau mengajarkannya sebagaimana riwayat Al Qadhi Abu Bakar bin Arabi berkata: Ishak bin Basyar al Kahili al Kufi meriwayatkan dari Malik bin Anas dari Yahya bian Sa’id dari Ibnu Musayyab dari Abu Darda dari Nabi Saw bahwa beliau bersabda :
Seandainya saja umat manusia mengetahui apa yang ada didalam Lam Yakunilladzina kafaru niscaya mereka akan mengabaikan keluarga dan hartanya demi mengajarkannya.
Namun imam Qurthubi menyebutnya hadist bathil
2. Sunah belajar Al Quran kepada orang yang memiliki keutamaan dan tawadhu bagi yg memiliki keutamaan itu dalam mengajarkan Al Quran
Hadist lain menyebutkan sebagaimana hadist shahih yang diriwayatkan oleh Anas bahwa Nabi Saw bersabda kepada Ubay:
Sesungguhnya Allah memerintahkan kepadaku agar membaca untukmu: Lam Yakunilladzi kafaru. ” Ubay bertanya : Allah menyebutkan aku padamu? Beliau menjawab : Ya, Lalu Ubay menangis (HR Mutafaqalaihi)
Imam Qurthubi menjelaskan sesuai maksud hadist yang diriwayatkan Bukhari, Muslim dan lainnya itu, bahwa didalamnya ada pemahaman : “Bacaan orang alim kepada orang yang belajar”.
3. Sebagian dari mereka berkata: “Sesungguhnya pembacaan Nabi Saw dihadapan Ubay adalah untuk mengajarkan tawadhu kepada manusia agar seseorang tidak memandang rendah kepada orang yang belajar dan membaca Al Quran.
Karena dikatakan : “Sesungguhnya Ubay lebih cepat melafalkan daripada Rasulullah Saw, lalu Rasulullah Saw ingin agar Ubay mengambil lafal beliau, membaca sebagaimana ia mendengar dari beliau dan mengajarkannya kepada orang lain.
Didalamnya juga terdapat keutamaan yang besar bagi Ubay karena Rasulullah Saw diperintahkan untuk membacakan surat tersebut untuknya.

You May Also Like

0 comments